Rahasia Umroh dan Keutamaanya

Rahasia Keutamaan Umroh

Penulis :Farhan Mauludi

Umrah Diwajibkan Walaupun SekaliIbnu Umar r.a. berkata: “Tidak ada seorangpun, kecuali diwajibkan atasnya satu kali haji dan umroh.” (HR. Bukhari)

Abbas r.a. berkata, “Sesungguhnya umroh adalah teman sejawatnya (haji) di dalam kitab Allah SWT. Sebagaimana firman-Nya: “Dan sempurnakanlah ibadah haji dan umroh karena Allah Swt.” {QS Al-Baqarah [2]: 196}Pahala Orang yang Mengerjakan Umrah

Rahasia umroh dan keutamaanya sebagai berikut :
Abu Hurairah ra. me2393046900_6b40ba2274_zriwayatkan bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Suatu ibadah umroh hingga sampai umroh lainnya adalah sebagai pelebur (dosa) diantara keduanya. Sedangkan haji yang mabrur tidak mempunyai balasan kecuali surga.” (Al-Bukhari)

Sementara di dalam Sahih Muslim diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Melakukan umrah pada bulan Ramadhan menyamai ibadah haji.”

Umar ra meriwayatkan, Rasulullah SAW bersabda, “Perturutkanlah antara haji dan umrah, sebab sesungguhnya antara keduanya akan menghilangkan kefakiran dan dosa-dosa ibarat kir (percikan api pada tukang besi) yang menghilangkan kotoran besi.” (HR. Ibnu Majah)

Di dalam Ihya ‘Ulumiddin disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Siapapun keluar untuk menunaikan ibadah haji atau umrah, lalu meninggal dunia, maka baginya diberlakukan pahala berhaji dan berumrah hingga hari kiamat. Dan siapapun meninggal dunia disalah satu tanah suci, maka kelak dia tidak diadili dan tidak pula dihisab, melainkan dikatakan kepadanya, “Masuklah ke dalam surga.”

Jabir bin Abdillah ra meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW telah bersabda, yang artinya: “Tamu Allah SWT ada tiga golongan; orang yang berhaji, berumrah dan berperang.” (Ihya ‘Ulumiddin)

Pahala dan Ganjaran Umrah Dilipatgandakan

Abi Suhail mendengar Abu Hurairah ra. mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda pada tahun haji Wada’ di Mekah, “Para jama’ah haji dan Umrah adalah tamu Allah SWT. Dia akan memenuhi apa yang mereka minta, mengabulkan do’a mereka, memberikan ganti kepada mereka atas apa yang telah mereka belanjakan dan melipatgandakan satu dirham untuk menjadi sejuta dirham.”

Diterbitkan : 26 May 2015


Leave a Reply